Wali Kota Sutiaji Buka Gebyar UMKM di Stadion Gajayana: Bentuk Penguatan Ekonomi Kerakyatan

Jan 22, 2023 19:43
Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan sambutan dan membuka secara resmi Gebyar UMKM dan Konser Amal di Stadion Gajayana Malang, Minggu (22/1/2023). (Foto: Dok. JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan sambutan dan membuka secara resmi Gebyar UMKM dan Konser Amal di Stadion Gajayana Malang, Minggu (22/1/2023). (Foto: Dok. JatimTIMES)

JATIMTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan kegiatan Gebyar UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan Konser Amal di area dalam Stadion Gajayana merupakan bentuk nyata penguatan ekonomi kerakyatan di Kota Malang. 

"Sekali lagi ini kan amanat dari Pak Presiden bagaimana supaya penguatan ekonomi kerakyatan berbasis ekonomi mikro (terwujud). Ini diawali di tahun 2023 untuk mengecek bagaimana pemberdayaan UMKM yang sudah dikurasi Diskopindag," ungkap Sutiaji kepada JatimTIMES.com, Minggu (22/1/2023). 

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang itu mengatakan, meskipun dalam kegiatan Gebyar UMKM dan Konser Amal ini hanya diikuti oleh 50 stan UMKM, penguatan dan pemberdayaan UMKM terus dilakukan oleh Pemkot Malang. 

"Harapannya ini ya untuk mengecek itu sambil nanti ke depannya semakin hari semakin baik (perkembangan pelaku UMKM)," tutur Sutiaji. 

Lebih lanjut, Alumni Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini menjelaskan, alasan pemilihan konsep Gebyar UMKM dan Konser Amal di area dalam Stadion Gajayana untuk memacu tumbuh kembang UMKM. 

"Ini juga akan menjadi pemicu dan pemacu tumbuh kembangnya UMKM ke depan," ujar Sutiaji. 

Foto bersama.

Sementara itu, dalam kegiatan pembukaan Gebyar UMKM dan Konser Amal juga dilakukan launching Sahabat UMKM. Di mana Pemkot Malang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang bekerja sama dengan Bank Jatim Cabang Malang untuk memfasilitasi para pelaku UMKM. 

"Tadi kan dilaunching juga adanya Sahabat UMKM yang per kelurahan ada dua (pelaku UMKM), dan tadi saya minta ditambah karena kalau dua kurang," terang Sutiaji. 

Tujuan diadakannya Program Sahabat UMKM yakni untuk melakukan inventarisasi terhadap para pelaku UMKM di masing-masing RT/RW di 57 kelurahan yang ada di Kota Malang, sekaligus untuk melakukan clustering atau pengelompokan jenis UMKM. Setelah itu, melalui Program Sahabat UMKM juga, pihaknya akan melakukan survei ketertarikan dan permintaan di pasar lokal maupun nasional. 

"Kalau lokal saat ini yang banyak dibutuhkan masyarakat itu apa untuk ekonomi mikro. Sehingga masyarakat nanti tidak coba-coba, ini lho pak demand-nya (permintaan) sekian tapi baru tersedia sekian dan seterusnya," tutur Sutiaji. 

Sementara itu, untuk kegiatan Konser Amal yang menghadirkan berbagai bintang tamu spesial seperti Denny Caknan, Tiara Andini, JKT48, Oom Leo Berkaraoke featuring Smash, Guyon Waton, Gangga dan masih banyak lagi. Hasil onser amal  akan diberikan kepada yang membutuhkan. 

"Kita diserahkan ke Pemkot nanti digunakan salah satunya untuk korban Tragedi Kanjuruhan," tandas Sutiaji. 

Topik
Walikota MalangGebyar UMKM

Berita Lainnya

Berita

Terbaru